Rabu, 20 November 2013

Kebanggaanku, SMA Negeri 1 Jember

Diposting oleh Sofi di 08.26

SMA 1 Jember tempat menuntut ilmu
Putra-putri harapan nusa bangsa
Terus maju tanpa mengenal jenuh
Membela mengamalkan ilmu
Ayo belajar, giat belajar
Kejarlah cita-citamu
Ayo belajar, giat belajar
Nusa bangsa menantimu”


                Begitulah mars yang menggugah semangat siswa-siswi SMA Negeri 1 Jember dalam meraih mimpinya. SMA ini terletak di Jalan Letjen Panjaitan No. 155 bersebelahan dengan Perpusda Jember. Dengan sederet prestasi gemilang, SMA 1 Jember atau yang akrab dengan sebutan smasa tetap dipercaya sebagai SMA terfavorit di Kota Tembakau ini. Banyaknya lulusan smasa yang diterima di PTN favorit melalui jalur undangan membuat SMA ini semakin berkilau. Prestasi demi prestasi baik ditingkat kabupaten, provinsi, ataupun nasional pun telah ditorehkan oleh siswa-siswi smasa. Sehingga tak ayal lagi bahwa SMA 1 semakin disegani di kancah nasional. SMA 1 Jember ingin mencetak siswi-siswi cerdas yang bermartabat dalam persaingan Internasional yang tercantum dalam visi dan misinya. Buktinya, meski tidak lagi berstatus SBI, smasa tetap memprioritaskan bahasa Inggris dalam beberapa pelajaran sains. Di sini juga tersedia ujian internasional, yaitu The International Competitions and Assessments for Schools (ICAS)  yang nantinya jika siswa mengikuti akan mendapat sertifikat telah mengikuti ujian/tes bertaraf internasional.Oleh karena itu tak heran apabila tingkat persaingan di SMA 1 Jember sangat tinggi.


                SMAN 1 Jember menyediakan banyak fasilitas demi kenyaman dalam proses belajar mengajar yang terdiri dari 25 ruang kelas, 8 kelas sepuluh, 7 kelas sebelas IPA, 2 kelas sebelas ips, 6 kelas dua belas ipa, 2 kelas dua belas ips, dan 2 kelas akselerasi. Selain itu, ada beberapa laboratorium, diantaranya adalah laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium bahasa, dan lab ICT serta ruang multimedia. Di bagian barat halaman SMAN 1 Jember, terdapat Musholla Nurul Iman yang baru dibangun sekitar tahun 2010-2011. Di sini siswa-siswi melakukan ibadah serta kegiatan keagamaan, seperti pondok ramadhan dan peringatan hari besar lainnya. Di bagian tengah sekolah, terdapat lapangan basket yang besar, dimana tempat ini digunakan untuk upacara, olahraga, ataupun kegiatan lain, seperti classmeeting (kegiatan tengah semester). Sekolah ini dilengkapi dengan perpustakaan berAC yang menyediakan banyak macam buku serta komputer yang terkoneksi dengan internet. Selanjutnya, diatas tempat parkir sepeda motor terdapat aula yang luas, biasanya digunakan untuk pertemuan seperti sosialisasi. Dan yang tak boleh ketinggalan adalah kantin, tempat favorit siswa-siswi SMASA. Tempat ini selalu ramai saat istirahat, untuk mengisi energi setelah otak dan energinya terkuras.




Lapangan Basket

SMAN 1 Jembermemiliki 18 macam ekstrakulikuler, mulai dari yang akademik hingga non akademik. Diantaranya adalah paskibra pramuka, sispena (siswa pecinta alam), merpati putih, karate, taekwondo, basket, voli, futsal, katara, dan bridge. Selain itu ada juga ekskul pasisma, Q-sa', Code Master, KIR (Karya Ilmiah Remaja), PMR, padsara (paduan suara), serta BIAS (Bursa Image Arek Smasa) yang bertugas menghias mading SMASA.


               


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogi ( Teman baru Bugi dan Bogi ) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea