Kamis, 21 November 2013

Batik, Kain Cantik Nan Unik

Diposting oleh Sofi di 06.57
Hai, saat ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai salah budaya Indonesia yang telah mendunia yaitu batik. Beberapa saat lalu, Indonesia diguncangkan oleh berita "negara tetangga" yang mengklaim atau mempatenkan batik sebagai budaya negaranya. Hal itu menunjukkan bahwa tingkat kepedulian kita terhadap warisan budaya kurang.... *cekidot*


Batik. Begitulah sebutan bagi kain cantik dan unik yang telah menarik jutaan perhatian di seluruh penjuru dunia. Kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap ini diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, karena Batik Indonesia merupakan ikon budaya bangsa yang memiliki keunikan serta simbol dan filosofi yang mendalam mencakup siklus kehidupan manusia. Selain itu penghargaan oleh UNESCO yang menjadikan Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia itu juga didasarkan karena pemerintah dan rakyat Indonesia dinilai telah melakukan berbagai langkah nyata untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya itu secara turun-temurun.
Kata Batik berasal dari bahasa Jawa yang tersusun atas dua kata yaitu "amba" yang mempunyai arti 'menulis' dan kata "titik". Istilah batik ini merujuk kepada kain dengan corak bahan. "malam" ( alat membatik ) yang di gunakan untuk menahan warna masuk ke bahan atau dengan kata lain alat yang digunakan untuk menuliskan corak dalam membuat batik. Pada zaman dahulu corak yang dihasilkan pada umumnya adalah corak binatang dan tanaman. Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan  perkembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada kerajaan Solo dan Yogyakarta. Batik Indonesia terkesan lebih indah  dengan cara pembuatan yang sangat sederhana dan menarik dengan buatan tangan sendiri. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Adapun bahan-bahan pewarna yang dipakai, yaitu terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang di buat sendiri diantaranya dari indigo, tarum, nila, soga, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.
Batik yang awalnya hanya ada di Jawa khususnya Jawa Tengah kemudian berkembang ke daerah-daerah lain di Indonesia. Setiap daerah memiliki keberagaman corak batik yang menjadi ciri khas setiap daerah. Antara daerah satu dengan yang lain memiliki corak dan motif yang berbeda. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri khasnya sendiri, itu sama seperti cerminan bangsa ini bahwa setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda.Belajar dari batik, walau setiap daerah memiliki kekhasannya sendiri tetapi bisa disatukan dengan batik. Hal tersebut membuat batik Indonesia menjadi lebih indah dengan keberagamannya, seperti halnya sebuah batik yang terlihat indah dengan warna-warni dan motif yang beragam. Semua orang bisa menikmati dan mengapresiasi batik sebagai budaya daerah yang menjadi budaya bangsa dengan rasa bangga dan saling menghargai.










0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogi ( Teman baru Bugi dan Bogi ) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea